Panduan Cara Bleaching Rambut Sendiri

Cara Bleaching Rambut | Harianfashion.com – Wanita ingin selalu terlihat cantik dan memukau. Tak heran, mereka selalu berusaha untuk membuat penampilan yang menarik dan berbeda.  Tak terkecuali dengan rambut. Nah, salah satu cara untuk tampil mengesankan adalah dengan mewarnai rambut.

Nah, agar proses mewarnai rambut menghasilkan warna yang menonjol, biasanya diperlukan tahapan bleaching.  Bleaching rambut adalah proses yang dilakukan untuk menghilangkan pigmen warna alami rambut.

Cara Bleaching Rambut

Cara Bleaching Rambut

Namun sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu:

1. Perhatikan jenis rambut anda

Betul.  Tidak semua rambut cocok di-bleach. Bila rambut anda sedang rusak, maka sebaiknya ditahan dulu.  Lakukan perawatan sehingga rambut anda kembali sehat.  Karena proses bleaching cenderung membuat rambut kering dan mudah rusak.

2. Pilih warna yang cocok

Ini sangat penting.  Jangan sampai anda menyesal ketika rambut sudah selesai diwarnai ternyata malah membuat penampilan anda menjadi lebih kusam.  Sesuaikan warna rambut dengan warna kulit anda.  Caranya, coba dulu dengan memakai wig atau rambut palsu dengan berbagai warna.  Trus pilih yang memang sesuai dengan karakter anda.

3. Siap-siap untuk melakukan perawatan ekstra

Kalau Anda telah memutuskan untuk mewarnai rambut Anda, maka Anda harus siap-siap dengan konkewensinya, yaitu rambut jadi mesti mendapat perawatan yang lebih.  Misalnya, saat keramas,  Hati-hati jangan sampai warnanya menjadi kusam karena luntur. Sebaiknya menggunakan dry shampoo agar rambut tetap segar. Selain itu, Anda juga harus melakukan perawatan rambut dengan formula yang memang dibuat khusus untuk rambut yang di bleach.

4. Rambut menjadi kering

Bahan yang digunakan untuk membleach terbuat dari bahan-bahan kimia yang cukup keras.  Karenanya, rambut anda akan menjadi lebih kering dan beresiko rusak.  Sebaiknya anda mengkonsultasikannya dulu dengan ahli untuk mengurangi kerusakannya.

5. Perhatikan kesehatan kulit kepala

Hati-hati bila kulit kepala anda sedang bermasalah seperti terkelupas atau infeksi.  Proses bleaching yang menggunakan bahan-bahan kimia dapat menambah parah luka anda.  Sebaiknya fokus pada penyembuhan kulit kepalanya dulu.   Oya untuk mengetahui efek obat bleaching ke kulit kepala, lakukan uji coba dengan menggunakannya sedikit dulu.  Apabila tidak terjadi hal yang buruk maka teruskan.

Cara Melakukan bleaching Rambut Sendiri

Nah setelah memahami beberapa konsekwensi dan hal-hal yang harus diperhatikan berkenaan dengan bleacing rambut, kami akan menjelaskan tahapan cara-cara melakukan bleaching.  Sebaiknya, bleaching rambut memang dilakukan oleh mereka yang memang sudah ahli.  Namun bila tak sempat, sebenarnya anda juga melakukannya sendiri di rumah.  Asal dengan cara-cara yang tepat.

Tentu saja anda harus dibantu untuk melakukan ini.   Berikut tahapan melakukan bleaching rambut, yaitu:

1. Cuci rambut terlebih dahulu

Tahap awal proses bleaching rambut adalah dengan mencuci rambut anda dengan menggunakan shampoo tanpa kondisioner.  Lalu keringkan hingga kira-kira kering 70% (jangan terlalu kering).  Sisir rambut sampai dipastikan tidak ada yang berada dalam kondisi kusut.

2. Siapkan bahan untuk bleach rambut

Bahan-bahan yang digunakan untuk bleaching adalah:

  • bubuk bleach
  • Peroxida 20vol (6%)

Keduanya bisa anda dapatkan di toko perlengkapan salon.

Selanjutnya campurkan bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 1:1. Jumlahnya secukupnya saja tergantung kondisi rambut juga. Apabila Anda ingin hasil yang lebih cerah, Anda bisa menggunakan peroxide 30vol (9%).  Namun diingat, semakin banyak peroxide dapat semakin merusak rambut.

3. Bagi rambut menjadi 3 bagian

Untuk memudahkan proses bleach, bagi rambut anda menjadi 3 bagian: sisi kiri, kanan dan tengah.  Ketika Anda sedang membleach bagian satu, yang lainnya bisa dijept agar tidak mengganggu.

4. Memulai proses bleaching

Proses selanjutnya adalah mengoleskan krim bleaching dari bahan yang sudah dicampur tadi.  Oleskan 2 atau 3 cm dari pangkal rambut dengan menggunakan kuas, jangan sampai kena kulit kepala. Lalu lanjutkan ke ujung rambut.  Bungkus rambut yang sudah di-bleach menggunakan alumunium foil rapat-rapat ahar warna bleachnya rata. Bisa juga menggunakan shower cap.

Lanjutkan pada kedua bagian rambut sisanya sampai selesai. Cek perubahan warna rambut setiap 15 menit sampai Anda mendapatkan warna yang diinginkan. Untuk mendapatkan warna yang lebih terang, mungkin Anda perlu melakukan beberapa tahap bleaching.

5. Proses Menetralkan Warna

Penetralan warna dilakukan untuk menghilangkan kesan oranye pada rambut yang biasa muncul pada rambut yang sudah di-bleach. Caranya, campurkan 1 mangkuk kondisioner dengan 2 sendok makan cat rambut berwarna biru.  Lalu oleskan pada rambut sambil dipijat lembut dan diamkan 1-2 menit.  Awas, jangan terlalu lama, karena rambut akan malah berubah menjadi kebiruan.  Proses penetralan ini dilakukan setiap proses bleaching dilakukan.  Bila anda melakukan proses bleacing 3 kali maka lakukan proses penetralan 3 kali pula.

6. Mencuci Rambut

Nah, setelah Anda puas dengan warna yang diperoleh, segera cuci rambut dengan shampo sampai bersih, lanjutkan dengan penggunaan kondisioner.  Keringkan rambut secara alami (diangin-angin) dan jangan menggunakan hair dryer agar rambut tidak kering.

Nah selesai cara melakukan bleach rambut.  Selanjutnya anda bisa melakukan pewarnaan rambut sesuai dengan warna yang diinginkan.  Anda bisa memilih rambut burgundy atau ombre.  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *