Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan

Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan Kulit | Harianfashion.com – Tubuh manusia banyak membutuhkan vitamin yang berguna untuk kesehatan. Di antara banyak macam vitamin yang kita kenal, salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai salah satu nutrisi yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh, termasuk kulit. Banyak promosi produk kecantikan yang mengandung vitamin C, dimana vitamin C dapat membantu melindungi kulit, meremajakan, dan yang terpenting memutihkan kulit, karena saat ini produk dengan fungsi memutihkan sangat banyak diminati konsumen produk kecantikan. Namun, apakah benar vitamin C dapat mewujudkan itu semua? Tulisan ini ingin mencoba memberikan informasi terkait penggunaan dan fungsi vitamin C ini.

Vitamin C dan Kulit

Vitamin C ternyata memang membantu dalam menjaga kecantikan dan sirkulasi darah. Vitamin C ternyata juga dapat membunuh oksigen aktif dan mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menyamarkan bercak hitam dan coklat yang terdapat pada kulit anda. Vitamin ini juga dapat mengurangi produksi melanin dan menghalangi tindakan enzim tirosinase, artinya vitamin C membatasi metabolisme melanin dan dapat mencegah pembentukan serta penodaan melanin.

Vitamin C juga membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit menua dan gelap. Peningkatan glutathione dan vitamin E juga akan meningkat dengan vitamin C. Glutathione dan vitamin E juga dikenal sebagai antioksidan, glutathione dapat membantu produksi pheomelanin pada kulit, bukan eumelanin. Hal ini akan membuat kulit anda menjadi lebih cerah. Penyembuhan luka juga akan berlangsung lebih cepat karena vitamin C, begitu juga dengan pembentukan ulang kulit setelah berjerawat. Vitamin C juga mendukung kolagen, membuat kulit lebih elastis dan kencang, serta meningkatkan sekresi sebum, pori-pori kecil.

Kekurangan vitamin C akan membuat anda rentan terkena masalah kulit. Misalnya pada pitted horn, kulit yang rentan terhadap memar, pendarahan, dan berkurangnya kemampuan bekas luka.

Pertanyaan selanjutnya, apakah benar vitamin C bisa membantu memutihkan kulit?

Hal yang harus anda pahami terlebih dahulu saat ingin mengetahui mekanisme tindakan vitamin C adalah memahami kulit. Kulit kita terdiri dari 3 lapisan, yaitu epitelium, mesoderm, dan hypodermis. Lapisan kulit terluar adalah lapisan yang dinakaman dengan Epidermis. Lapisan ini terdiri dari  empat lapisan utama, yaitu permukaan terluar yang disebut sel tanduk, lapisan malphigi, lapisan spinosum, dan lapisan basal. Nah, lapisan basal ini adalah lapisan yang menghasilkan melanin yang menjadi penyebab terbentuknya lingkaran hitam.

Vitamin C juga bekerja untuk membantu  pencegahan pembentukan melanin dan penodaannya. Tetapi, untuk mendapatkan hasil ini vitamin C harus dimasukkan jauh ke dalam bagian bawah lapisan epitelium, agar ia dapat bekerja lebih efektif.

Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan Kulit

Baca Juga :

10 Cara agar Punya Kulit Sehat dan Awet Muda

 

Berikut ini akan dipaparkan bagaimana cara menambahkan vitamin C pada kulit anda:

  1. Aplikasikan langsung pada kulit anda

Produk yang mengandung vitamin C dengan konsentrasi yang tinggi dan bentuk yang stabil dengan pH menengah adalah pilihan yang tepat. pH yang tinggi akan menyebabkan iritasi pada kulit. Namun, cara ini juga memiliki kerugian, dimana vitamin C hanya mempengaruhi permukaan kulit saja, tidak menyerap masuk ke pori-pori kulit, serta mudah teruraikan.

 

  1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C, begitu juga dengan sayuran. Cara ini adalah cara yang aman dan mudah untuk dilaksanakan dalam keseharian. Namun, tetap saja rajin dan rutin adalah kunci keberhasilan memperoleh efek positif dari vitamin C.

 

  1. Memberikan suntikan vitamin C secara rutin ke dalam kulit

Sebenarnya cara ini lebih beresiko jika dibandingkan dengan cara-cara yang lainnya. Pasalnya, suntikan vitamin C ini dapat menimbulkan syok. Jika setelah melakukan penyuntikan anda mengalami syok atau keracunan vitamin C, ini akan menjadi sangat mengkhawatirkan. Kenapa bisa begitu? Karena vitamin C adalah toksin vitamin yang paling berbahaya apabila dibandingkan dengan syok akibat keracunan  lainnya.

 

  1. Konsumsi suplemen vitamin C

Meminum suplemen vitamin C adalah salah satu cara aman, nyaman, dan efektif. Vitamin C merupakan vitamin yang sangat mudah berinteraksi dengan zat lainnya, terlebih vitamin C tidak memiliki efek lokal pada kulit yang harus diobati.

Itulah sedikit penjelasan mengenai vitamin C dan efek yang ditimbulkannya bagi kulit. Hal yang harus dipahami adalah bahwa semua yang kita jalani dalam perawatan tubuh terutama kulit selalu memiliki dua aspek, yaitu positif dan negatif. Jadi, cermatlah dalam memilih perawatan bagi kulit anda, jika memang vitamin C adalah salah satu pilihan maka pintar-pintarlah memilih cara yang akan anda pakai dalam mengaplikasikan vitamin C. Jangan sampai anda salah dalam memahami manfaat vitamin C dan menyalahgunakannya, seperti memakai vitamin C untuk mengatasi masalah pada lambung anda.

Leave a Reply