5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Rusak dan Kusam

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Rusak dan Terlihat Kusam

Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Rusak dan Terlihat Kusam | Harianfashion.com

Kulit anda tetap kusam, walaupun sudah rajin cuci muka? Atau sudah rutin menggunakan pelembab yang mengandung formula untuk mencerahkan, namun kulit anda tetap saja tidak mengalami perubahan yang signifikan? Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas bukan hal yang asing lagi terdengar dikalangan orang-orang yang peduli sekali dengan kesehatan kulit. Banyak orang yang sering mengeluhkan kulit kering dan kusam walaupun sudah rajin membersihkan wajah dan memakai produk pelembab yang mengandung ekstrak pencerah kulit.

Tahukah anda, bahwa rutin membersihkan wajah dan memakai produk perawatan tertentu tidaklah cukup untuk bisa mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. Apakah ada hal lain yang berpengaruh pada kondisi kulit? Jawabannya adalah ada, yaitu kebiasaan atau rutinitas anda sehari-hari. Banyak orang yang tidak sadar bahwa kebiasaan sehari-harinya memberikan efek negatif pada kulit, kebiasaan tertentu justru malah memicu kerusakan pada kulit anda. Apa sajakah kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa membuat kulit anda rusak dan tidak cerah? Berikut akan dirincikan beberapa kebiasaan yang mungkin dianggap sepele padahal dapat merusak kulit anda:

  1. Sering bergadang

Kulit kusam yang anda miliki terkadang bukan karena produk perawatan yang tidak berpengaruh, tetapi karena kebiasaan buruk anda sendiri, salah satunya adalah begadang. Jika anda merasa kulit anda kusam, maka coba perhatikan kembali jadwal tidur anda saat malam. Tidur yang terlalu malam atau bahkan tidak tidur sama sekali bisa mengakibatkan kulit menjadi kusam. Pasalnya, sistem imun atau kekebalan tubuh akan membentuk kolagen dan keratin saat anda dalam keadaan tidur. Seperti diketahui bahwa kedua zat ini yaitu kolagen dan keratin sangat berguna untuk membantu mengencangkan dan menyehatkan kulit.

Kebiasaan begadang akan membuat kesempatan produksi zat kolagen dan keratin menjadi lebih kecil, bahkan kesempatan ini hilang jika anda terbiasa tidak tidur semalaman. Akibatnya, kulit akan terlihat tidak cerah, kantung mata akan menghitam dan semakin menebal. Oleh karena itu, usahakanlah untuk tidur lebih awal dan teratur setiap harinya, serta tidurlah lebih kurang 7-8 jam setiap malam.

 

  1. Stress yang tidak dapat dikelola dengan baik

Keadaan anda yang tertekan akan mudah memicu stress. Pada dasarnya stress adalah keadaan yang sudah biasa dialami setiap orang, namun yang berbeda adalah penanganan atau pengelolaan yang benar pada stress tersebut. Stres yang tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan berlarut-larut, ternyata bisa menimbulkan gangguan kesehatan serta menyebabkan kulit anda terlihat kusam dan tidak sehat.

Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Rusak

Biasanya hal sederhana yang dianjurkan untuk dilakukan saat ingin mengatasi stress adalah menarik nafas dalam-dalam lewat hidung kemudian melepaskannya melalui mulut, atau dengan meminum teh herbal hangat. Namun, jika cara ini dirasa kurang ampuh maka cobalah lakukan cara lain yang bisa membuat tubuh anda lebih relax dan pikiran menjadi tenang, salah satunya adalah dengan pijat. Memberikan pijatan pada area-area tertentu disinyalir dapat melancarkan sirkulasi darah serta produksi getah bening, pijatan juga akan membantu mempercepat pengeluaran racun dalam tubuh, dan juga dapat mempercepat aliran oksigen dan nutrisi ke dalam jaringan kulit. Jika diperlukan, lakukanlah pemijatan sebelum anda menghadiri sebuah acara penting, agar kulit anda terlihat lebih sehat dan cerah.

 

  1. Sering mengkonsumsi makanan manis (ngemil)

Para pencinta makanan manis hati-hati ya, karena ternyata kebiasaan suka ngemil atau mengkonsumsi makanan manis dapat berakibat pada kekusaman kulit dan kerusakannya. Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa banyak di antara makanan manis yang dapat menyebabkan kulit rusak dan kusam. Penjelasannya adalah sering mengkonsumsi makanan manis akan meningkatkan kadar hormon insulin akibat naiknya kadar gula darah. Nah, hormon insulin yang terlalu banyak dapat merangsang peradangan pada tubuh. Peradangan yang terjadi akan membuat zat kolagen yang berguna bagi kulit menjadi rusak dan akhirnya akan berefek pada kulit anda, kulit akan menjadi kusam, banyak kerutan, dan terlihat tua.

 

  1. Aktif merokok

Anda seorang perokok aktif? Maka jangan berharap anda akan mudah mencerahkan kulit. Rokok adalah salah satu pemicu rusaknya kulit. Resiko kerutan di wajah akan lebih besar bagi perokok berat jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, selain itu perokok berat juga dianggap lebih rentan terkena kanker kulit.

Kebiasaan merokok akan berakibat pada rusaknya lapisan pembuluh darah, sehingga aliran darah yang mengandung banyak nutrisi untuk kulit akan berkurang. Bahkan, pasokan oksigen ke kulit akan berkurang selama 1 jam, walau hanya merokok dalam jangka waktu 10 menit. Hal ini tentunya akan membuat kulit anda menjadi rusak, keriput, dan susah untuk diperbaiki. Parahnya lagi, sebuah survey menyatakan bahwa 40 persen ahli bedah plastik tidak mau menangani pasien perokok, karena kulit mereka yang rusak dan sulit untuk diperbaiki.

 

  1. Kebiasaan minum minuman beralkohol

Minuman beralkohol bisa menyebabkan tubuh anda dehidrasi, sebab itu cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman beralkohol, bahkan akan lebih baik jika anda menghentikan kebiasaan tersebut. Konsumsi minuman beralkohol dapat membuat kulit kasar dan kendor, untuk itu jika anda ingin memiliki kulit halus dan kencang maka hentikanlah kebiasaan buruk ini dan perbanyaklah minum air putih setiap hari. Namun, jika anda memiliki ketergantungan pada minuman beralkohol, maka berusahalah perlahan mengurangi jumlahnya, dan yang terpenting hentikan konsumsi minuman beralkohol 3 jam sebelum tidur untuk mencegah resiko kebocoran kapiler yang berakibat pada pembengkakan.

Baca Juga :

4 Cara Efektif Memutihkan Kulit. Buktikan!

Demikianlah beberapa kebiasaan yang mungkin anda anggap remeh, namun berakibat pada kerusakan kulit dan kekusamannya. Kulit yang cerah dan sehat adalah dambaan setiap orang, untuk itu berikanlah perawatan yang tepat pada kulit anda dan hindarilah kebiasaan yang akan membuat proses perawatan tidak kunjung memberikan efek seperti yang anda inginkan.

Leave a Reply