Dampak Rutin Memakai Sunblock Untuk Kulit Anda

Dampak Rutin Memakai Sunblock Untuk Kulit Anda

Dampak Rutin Memakai Sunblock Untuk Kulit Anda | Harianfashion.com – Zaman yang sudah semakin maju menuntut banyak perubahan pada kehidupan manusia, perubahan itu terasa mulai dari segi keilmuan, teknologi bahkan produk kecantikan. Banyak produsen kecantikan yang berlomba-lomba menghadirkan produk terbaru dengan kualifikasi tertentu demi menarik pelanggan yang juga berlomba-lomba mempercantik diri mereka khususnya kaum hawa. Jika dulu keluar rumah dengan “ditemani” terik matahari adalah hal yang biasa dan tidak menimbulkan kekhawatiran, maka sekarang para wanita tidak mau lagi seperti itu, mereka takut akan kehitaman pada kulit dan penuaan dini.

Tidak hanya itu ternyata sinar matahari juga bisa mengakibatkan efek serius pada kulit, seperti kanker kulit. Oleh karena itu kehadiran tabir surya atau yang lebih popular dengan sebutan sunblock membuat kita sedikit lega.

Dampak Rutin Memakai Sunblock

Menggunakan sunblock secara kontinue dapat membantu mencegah kanker kulit dan penuaan dini. pernyataan ini sesuai dengan hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Annals of Internal Medicine, dimana para peneliti menyarankan kepada semua orang agar selalu menggunakan tabir surya atau sunblock setiap hari, karena dapat mengurangi resiko kanker kulit dan penuaan dini pada kulit. Tetapi, banyaknya pilihan sunblock dengan merek berbeda yang beredar di pasaran mestinya membuat kita selektif dalam memilih produk sunblock yang ingin digunakan. Lalu apakah yang harus kita perhatikan saat ingin memilih sunblock untuk kulit? Berikut jawaban yang mungkin bisa membantu anda menetapkan pilihan sunblock:

  1. Tingkat perlindugan yang diberikan

Lihatlah produk sunblock yang bertuliskan “Broad Spectrum”. Broad Spectrum berarti bahwa sunblock tersebut menawarkan atau memberikan perlindungan spectrum secara luas atau multi-spectrum dari sinar UV. UV ini memiliki dua jenis yang berbeda, UVA (ultraviolet A) dan UVB (ultraviolet B). Selain itu, jangan lewatkan perhatian anda pada SPF yang terkandung di dalam produk sunblock tersebut. Angka SPF yang semakin tinggi akan semakin meningkatkan proteksi kulit dari sinar matahari. Hal yang harus digarisbawahi adalah SPF yang tinggi tidak memberikan jaminan pasti bagi pencegahan dari kebakaran kulit (gosong) akibat paparan sinar matahari, hanya saja sunblock yang memiliki SPF tinggi akan memberikan perlindungan yang lebih kuat dari resiko kerusakan kulit dalam jangka panjang.

 

  1. Perhatikan tekstur sunblock yang anda pilih

Sebelum memutuskan untuk memilih dan memakai produk sunblock tertentu, sebaiknya anda mencobanya terlebih dahulu. Oleskanlah sedikit pada tangan, kemudian rasakan apakah sunblock tersebut meresap dengan cepat pada kulit atau tidak sama sekali. Pilihlah sunblock yang teksturnya tidak berminyak dan lengket. Selanjutnya, pastikanlah sunblock pilihan anda tidak meninggalkan noda putih pada wajah. Produk sunblock semi-matte merupakan alternatif yang bisa anda pilih, karena akan memberikan hasil yang hampir tidak terlihat namun tetap memberikan perlindungan yang efektif pada kulit anda.

  1. Perhatikanlah tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada produk

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah tanggal kedaluwarsa produk. Tips yang satu ini sering terlewatkan oleh konsumen, pasalnya sering konsumen hanya asal ambil tanpa melihat terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan sunblock. Jadi, perhatikan dengan seksama tanggal berakhirnya produk sunblock yang anda pilih, agar sunblock anda tidak menimbulkan efek negatif pada kulit.

 

  1. Pilihlah sunblock sesuai dengan kebutuhan

Pemilihan jenis sunblock yang tepat dapat mempengaruhi perlindungan yang diberikan pada kulit anda. Merawat kulit dengan memakai sunblock harus memperhatikan tiga hal, yaitu nyaman digunakan, memiliki efek positif, dan berfungsi baik. Pemilihan sunblock sesuai dengan kebutuhan adalah salah satu trik agar sunblock berfungsi dengan baik dan berefek positif pada kulit anda. Misalnya, saat anda ingin berenang atau berjemur di bawah terik matahari, maka tabir surya yang anda butuhkan adalah jenis tabir surya yang tahan air. Sunblock yang tahan air membuat anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan efek paparan sinar matahari pada saat anda berenang dan berjemur. Anda juga tidak perlu mengoleskan sunblock berulang kali pada kulit anda.

 

  1. Perhatikan jenis kulit

Jenis kulit yang anda miliki juga menentukan jenis sunblock yang cocok dengan kulit anda. Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat biasanya cocok memakai sunblock yang lebih ringan. Sunblock dalam bentuk gel bisa menjadi pilihan bagi yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, karena selain lebih ringan sunblock jenis ini dapat bekerja dengan baik pada kulit berminak dan berjerawat.

Baca Juga :

 9 Mitos Perawatan Kulit yang Harus Segera Dihindari

Bagi anda dengan kulit berjerawat, sebaiknya memilih sunblock yang mengandung zink oksida yang dapat membantu melindungi kulit berjerawat. Anda yang memiliki jenis kulit yang kering, sebaiknya tidak memakai sunblock spray (semprot), karena sunblock ini cenderung memiliki alkohol yang bisa menyebabkan kulit anda semakin kering.

Itulah beberapa tips simpel yang bisa anda jadikan panduan sebelum menetapkan dan memakai produk sunblock. Memilih produk perawatan tubuh memang harus jeli dan hati-hati, jika anda kurang paham terhadap produk yang ingin anda beli, maka tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu pada yang lebih paham seperti dokter. Sayangi kulit anda, pilihlah produk sunblock dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Leave a Reply