10 Cara Mudah dan Alami Agar Kulit Tidak Rusak

10 Cara Mudah dan Alami Agar Kulit Tidak Rusak

10 Cara Mudah dan Alami Agar Kulit Tidak Rusak | Harianfashion.com

WASPADA, kulit kusam bisa jadi alarm bagi Anda bahwa dia sedang sakit. Karena penampakan kulit kusam merupakan tanda kulit tidak sehat. Jadi, meski tampak sepele, Anda harus tetap melakukan perawatan sederhana agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit sakit. Contohnya adalah gaya hidup, dari kebiasaan merokok, kurang tidur dan istirahat. Selain itu, kebiasaan lainnya adalah stress, tidak olahraga, diet ketat, kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan, serta mengonsumsi obat-obatan terlarang. Kebiasaan yang buruk seperti rutinitas sehari-hari juga memicu kulit bermasalah, seperti paparan matahari yang terlalu sering akibat aktivitas di luar ruangan, polusi, debu, dan asap rokok di tempat umum.

Jangan hanya fokus pada wajah, kulit ada di seluruh tubuh Anda. Oleh sebab itu, rawatlah secara keseluruhan dengan tepat. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit, di antaranya :

  1. Periksa Dengan Kuku

Ya, untuk mengetahui apakah kulit Anda bermasalah tidak perlu menggunakan alat canggih. Cukup dengan menggunakan kuku. Cara ini terbilang murah dan praktis serta dapat dilakukan sendiri.  Cobalah menggaruk kulit dengan kuku Anda, lakukan jangan terlalu keras agar tidak menimbulkan lupa pada kulit Anda. Jika kulit menampakkan garis putih setelah terkena goresan kuku, maka itu tanda kulit anda kering. Jadi, cobalah untuk merawatnya dengan membubuhi pelembab di sekujur tubuh terutama di daerah kulit yang kering.

  1. Hindari Air Panas

Alih-alih merawat kulit, air panas justru tidak baik untuk kulit Anda. Jadi, hindari mandi dengan air yang terlalu panas. Karena mandi dengan air yang sangat panas dapat menghilangkan kelembaban kulit dan justru menghilangkan minyak alami pada kulit. Agar aman, batasi mandi hanya 10 menit dan gunakan air yang hangat atau sejuk, alias tidak terlalu panas.

  1. Gunakan Loofah

Selain cara di atas, Anda juga dapat membiasakan mandi dengan menggunakan sikat mandi alias loofah. Gunanya adalah untuk mengangkat sel kulit mati, dengan kata lain, sikat tersebut dapat menjadi scrub. Cara menggunakannya pun harus benar, yakni cukup menggerakannya secara memutar pada tubuh saat mandi. Pastikan pula sabun yang digunakan aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

  1. Pilih Pelembab yang Miliki Kandungan Humektan

Pilih pelembab yang mengandung humektan, karena humektan menarik air ketika dioleskan di kulit sehingga akan meningkatkan kelembaban pada kulit. Humektan mengandung glycerin, propylenn glycol, dan urea. Selain itu, pilihlah produk yang mengandung alpa-hydorcy acids (AHA) karena sangat baik untuk kulit. Pastikan juga bahan produk mengandung kandungan zat yang mengurangi keriput, dan memperbaiki kulit kering, jerawat, dan noda hitam akibat tanda penuaan. AHA alami dapat Anda temukan pada buah-buahan seperti anggur, jeruk, apel, dan susu terfermentasi seperti buttermilk atau yoghurt. Fungsinya adalah mencegah penuaan dini, sehingga kulit Anda tampak muda dari usia Anda.

  1. Cermat Menggunakan Produk Kecantikan

Hindari mengikuti trend, pastikan produk kecantikan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Sebelum memutuskan membeli produk, pastikan Anda sudah mengenali jenis kulit Anda, sehingga tidak salah pilih. Selain itu, jangan terkecoh pada aroma, warna, dan busa berlebih. Produk dengan khas dan warna yang kental justru membuat kulit iritasi bahkan alergi. Di samping itu, hindari memilih produk dengan anti-bakteri, sebab tidak semua kulit memerlukan produk berbahan itu.

  1. Merawat Kaki

Ingat, kaki Anda dilapisi oleh kulit, dan ini kerap diabaikan. Jadi pastikan kulit kaki juga terawat. Cobalah dengan mengoleskan lotion atau krim pelembab sebelum tidur dan gunakan kaus kaki saat tidur. Manfaatnya agar kulit kaki tetap halus, tidak kering dan pecah-pecah. Lakukan secara rutin dan teratur agar hasilnya maksimal.

  1. Gunakan Minyak Zaitun

Kulit kusam juga dapat ditangkal dengan minyak zaitun. Karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang berfungsi menyegarkan dan menghidrasi kulit tanpa meninggalkan residu. Cara menggunakannya, oleskan pada siku, dengkul dan lengan Anda.

Baca Juga :

9 Perawatan Kulit di Usia 20-an

 Cara Mudah dan Alami Agar Kulit Tidak Rusak

 

  1. Gel Lidah Buaya

Untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering, bisa menggunakan produk yang satu ini. Pilihlah produk perawatan yang mengandung lidah buaya. Karena, asam yang terdapat pada lidah buata dapat membasmi sel kulit mati dan mempercepat proses penyembuhan. Bila sanksi dengan produk, Anda dapat mencoba dengan lidah buaya asli, caranya, potong ujung lidah buaya dan oleskan gel pada kulit yang kering. Sebelumnya, pastikan lidah buaya dan kulit Anda sudah bersih agar hasilnya optimal.

  1. Manfaatkan Kacang Kedelai

Anda tentu tahu protein sangat penting untuk kulit. Katena dapat mengatasi kulit kusam dan memproduksi kolagen. Salah satu bahan makanan yang banyak mengandung ptotein adalah kedelai.

Kedelai mengandung isoflavon yang bertugas sebagai antioksidan untuk menjaga kolagen dari kerusakan dan radikal bebas. Molekul reaktifnya dapat melemahkan dan menghancurkan sel membran. Kandungan zat tersebut bisa didapatkan dari susu kedelai dan tahu. Menurut penelitian mengonsumsi 160 mg kacang kedelai per hari dapat mengatasi kulit kusam. Selain itu, kandungan susu kedelai.

  1. Manfaatkan Grapefruit

Tidak hanya lezat dimakan saja, grapefruit alias jeruk bali merah ternyata berguna untuk kesehatan kulit, terutama di daerah siku yang kasar. Kandungan asamnya dapat melembutkan kulit. Caranya, basahi siku dengan air, potong setengah grapefruit lalu kompres potongannya pada siku selama 15 menit.

Leave a Reply