10 Cara agar Punya Kulit Sehat dan Awet Muda

Mau Tahu 10 Cara agar Punya Kulit Sehat dan Awet Muda? Check it Out!

Mau Tahu 10 Cara agar Punya Kulit Sehat dan Awet Muda? Check it Out! | Harianfashion.com

Memiliki kulit sehat, lembut, halus, dan kencang seperti kulit bayi adalah keinginan setiap orang, terlebih bagi wanita. Segala cara pasti dilakukan demi mendapatkan kulit yang sehat dan bagus, mulai dari perawatan alami hingga pearawan instan seperti yang sedang berkembang saat ini. Tapi, tahukah anda tidak hanya usia yang menua, namun kulit kita juga bisa mengalami penuaan secara alami. Tanpa kita sadari perubahan kulit yang semakin menipis dan kering, serta munculnya garis-garis kerutan pada wajah anda merupakan bentuk dari penuaan pada kulit.

Ada dua hal yang mempengaruhi proses penuaan pada kulit, yang pertama adalah faktor genetic atau keturunan, dan yang kedua adalah faktor ekstrinsik atau faktor luar seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, pola makan dan pola tidur yang tidak teratur, stress, dan faktor gaya hidup lainnya yang tidak mendukung kesehatan kulit.

Namun, anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, sebab seperti yang anda ketahui banyak produsen produk kecantikan yang telah menghadirkan krim anti aging untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Jika anda merasa khawatir dan bingung untuk memilih produk kecantikan terutama untuk mengatasi penuaan dini, maka anda bisa menyimak beberapa tips yang diberikan oleh pakar kesehatan kulit (dermatology). Tips-tips berikut ini mungkin bisa anda terapkan agar penuaan dini tidak menghampiri anda dengan cepat, sehingga kulit sehat dan awet muda bukan sebuah hal yang mustahil lagi untuk anda miliki, walau tanpa perawatan mahal dan operasi plastik.

Berikut ini tips-tips merawat kulit sehat dan awet muda:

  1. Lindungi kulit anda dari paparan sinar matahari

Apapun aktifitas sehari-hari anda dan kemanapun anda pergi pastikan sebelum keluar rumah anda telah memakai sunscreen atau tabir surya yang memiliki Sun Protection Factor (SPF) minimal SPF 15. Aplikasikanlah pada kulit anda terutama pada bagian wajah dan tangan, karena bagian tersebut adalah bagian yang rentan jika terpapar sinar matahari.

 

  1. Hentikan kebiasaan merokok

Negatif rokok sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, jelas rokok tidak baik untuk kulit. Merokok dapat mempercepat proses penuaan dini pada kulit, kulit akan lebih cepat keriput dan kusam. Ini dikarenakan rokok mengandung bahn-bahan beracun yang berperan sebagai radikal bebas yang akan merusak sel-sel kulit anda. Oleh sebab itu, jika anda adalah perokok dan menginginkan kulit sehat serta awet muda, maka mulailah berhenti merokok.

 

  1. Jangan lakukan ekspresi wajah berulang

Banyak cara manusia dalam mengekspresikan keadaan yang sedang dialaminya, mulai dari menyipitkan mata, mengerutkan dahi, atau cemberut yang mebuat otot di bawah kulit berkontraksi. Menjaga untuk tidak melakukan kontraksi otot ini secara berulang dan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama merupakan salah satu cara agar kulit wajah anda tidak menimbulkan garis-garis permanen.

Salah satu penyebab terjadinya garis-garis ini adalah paparan sianr matahari yang langsung mengenai mata. Setiap orang yang matanya terkena sinar matahari cenderung mengerutkan keningnya, karena itu anda dianjurkan untuk memakai kacamata hitam saat keluar pada siang hari agar terhindar dari silaunya sinar matahari. Selain itu, memperbanyak senyum lebih baik daripada kebiasaan cemberut atau mengerutkan dahi, karena senyum tulus anda adalah penangkal penuaan dini pada kulit.

 

  1. Menerapkan pola makan sehat dan teratur

Menurut beberapa hasil studi mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara teratur akan dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada kulit yang akan memicu penuaan dini kulit anda. Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang memerlukan banyak nutrisi baik untuk menjaganya agar tetap pada kondisi baik dan sehat. Vitamin B (biotin), vitamin C, dan vitamin E adalah beberapa jenis nutrisi yang baik untuk kulit. Semua jenis vitamin tersebut bisa anda dapatkan dari makanan seperti tomat yang memiliki kandungan biotin dan vitamin C, wortel yang memilki kandungan biotin dan vitamin A, serta sayuran hijau dan kacang almond yang kaya dengan vitamin E.

Cara agar Punya Kulit Sehat

  1. Kurangi konsumsi alkohol dan perbanyaklah minum air putih

Kebiasaan mengkonsumsi air putih dapat membantu menjaga kelembaban dan kelembutan kulit anda terutama kulit wajah. Sebaliknya, konsumsi alkohol yang rutin justru akan menyebabkan kulit anda kering dan kasar, akibatnya wajah anda akan terlihat lebih tua. Mulailah mengurangi konsumsi alkohol dan gantilah dengan meminum air putih, agar kulit lembut dan awet muda bukan lagi menjadi sekedar mimpi.

 

  1. Rutin berolahraga

Olahraga adalah salah satu rutinitas yang seharusnya tidak boleh luput dari kesehaian anda. Sediakanlah waktu minimal 30 menit setiap hari utnuk berolahraga, cukup lakukan olahraga sederhana untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan sistem imun tubuh anda. Kebiasaan berolahraga secara rutin akan membuat kulit lebih sehat, tidak kusam, dan awet muda.

 

  1. Bersihkan wajah anda dengan lembut

Mencuci muka yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, apalagi jika anda memakai pembersih wajah dengan butiran scrub. Iritasi ang terjadi bisa mempercepat proses penuaan dini pada kulit. Jika hendak mencuci muka maka anda cukup menggunakan sabun pembersih biasa setiap harinya, namun bila anda memang ingin memakai scrub batasilah pemakaiannya sekali dalam seminggu. Selanjutnya, setelah mencuci muka keringkanlah wajah anda dengan lembut menggunakan handuk tanpa harus menggosok-gosok dengan keras, tetapi cukup ditepuk pela kulit wajah anda hingga kering. Jangan lupa, pakailah handuk yang dapat menyerap air dengan baik.

 

  1. Cucilah muka anda dua kali sehari

Apapun jenis kulit yang anda miliki maka tidak dianjurkan untuk terlalu sering mencuci wajah, tetapi cukup mencuci 2 kali dalam 1 hari. Kebiasaan terlalu sering mencuci wajah akan berakibat pada rusaknya keseimbangan bakteri baik di permukaan kulit, serta dapat menyingkirkan minyak alami (sebum) yang sejatinya berguna untuk melindungi kulit.

 

  1. Gunakanlah pelembab kulit setia hari

Menggunakan pelembab kulit dapat menjaga kadar air yang ada dalam kulit, sehingga kulit tidak berkerut, kencang, dan tetap seimbang. Sebaiknya gunakanlah pelembab saat anda selesai mandi atau mencuci muka.

  1. Hentikan pekamaian produk perawatan kulit yang menyebabkan iritasi

Sebagai seorang konsumen cerdas, cermatlah dalam memilih produk perawatan kecantikan anda, dan perhatikanlah efek dari pemakaian sebuah produk. Jika setelah pemakaian produk perawatan kulit tertentu kulit anda terasa perih atau panas seperti terbakar, itu tandanya kulit anda mengalami iritasi. Iritasi dapat mempercepat proses penuaan dini kulit, sebaiknya segera hentikan pemakaian produk tersebut. Namun, jika produk yang anda pakai adalah produk dari dokter spesialis kulit, maka tidak perlu khawatir jika gejala di atas terjadi, pasalnya anda masih berada dalam pengawasan dokter, hanya saja hal yang harus dipastikan adalah pemakaian sesuai anjuran yang diberikan. Semoga tips-tips ini bermanfaat

Baca Juga :

Dampak Rutin Memakai Sunblock Untuk Kulit Anda

Leave a Reply