Bagaimana Cara Keramas Rambut yang Benar?

Cara Keramas Rambut Yang Benar | Harianfashion.com – Banyak cara untuk menjaga rambut tetap sehat dan menarik, umumnya terdapat 3 cara yang digunakan untuk merawat rambut yaitu keramas, pemakaian pelembap, dan pengeringan rambut. Tapi dalam artikel ini hanya akan dibahas mengenai bagaimana cara keramas rambut yang benar.

Cara keramas rambut yang benar

Cara keramas rambut yang benar

Perawatan dasar rambut yang salah dapat menimbulkan kerusakan rambut yang serius. Ada beberapa salah penanganan dalam perawatan rambut yang kerap dilakukan orang, misalnya sebagai berikut:

  • Menggunakan shampo dan kondisioner berlebihan dibanding kebutuhan serta tidak membilas rambut dengan baik. Keduanya akan menyebabkan rambut sulit diatur. Sisa shampo pada kulit kepala yang tidak terbilas, dapat menimbulkan gatal pada kulit kepala.
  • Mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar dapat menyebabkan rambut rontok, patah, dan bercabang.

Memilih Shampo

Keramas bertujuan membersihkan kulit kepala dan batang rambut dari debu (polusi udara), kotoran minyak yang diproduksi kelenjar kulit, serta keringat yang menempel. Keramas sebaiknya disertai pemijatan ringan untuk memperlancar peredaran darah dan menghilangkan ketegangan otot kepala.

Memilh Shampho

Tips memilih Shampo

Agar rambut tidak mudah rontok dan tumbuh subur, gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut. Cara memperoleh rambut sehat adalah dengan membersihkannya.

Kegiatan ini menyangkut pemilihan dan penggunaan jumlah shampo yang tepat. Kebanyakan formula shampo dibuat untuk rambut kering hingga normal atau rambut normal hingga berminyak.

Tips memlih shampo

Tips memlih shampo

Cara terbaik memilih shampo yang cocok untuk rambut Anda adalah dengan menyemprotkan sedikit air pada rambut lalu biarkan kering secara alami. Apakah air cepat diserap oleh rambut atau tampak berembun sebelum diserap?

Jika air dengan cepat terserap, gunakan shampo untuk rambut kering hingga normal karena shampo tersebut memiliki moisturizer lebih banyak. Adapun bila air tampak berembun sebelum diserap, gunakan shampo normal hingga berminyak.

Penyemprotan tersebut biasanya dilakukan untuk menentukan porositas rambut. Rambut kering lebih cepat menyerap cairan, sementara rambut berminyak sebaliknya. Setelah memilih shampo, rambut siap untuk dikeramas.

Cara Keramas Rambut yang Benar

Pertama, pastikan rambut telah basah seluruhnya dengan air yang bersih dan tidak berbau. Lebih baik bila menggunakan air hangat karena akan membuka lapisan kutikula dan memudahkan nutrisi shampo masuk ke dalam batang rambut. Jangan memeras rambut yang masih basah.

Kedua, Anda harus menggunakan jumlah shampo yang tepat. Shampo sachet biasanya ditujukan untuk rambut panjang rata-rata (sepanjang dagu hingga bahu). Gunakan shampo lebih sedikit bila rambut Anda sangat pendek dan gunakan satu setengah dari jumlah total shampo sachet tersebut bila rambut Anda lebih panjang dari bahu.

Bila memakai shampo botol, mengukurnya dengan menggunakan sendok makan.

  • Dosis shampo yang tepat untuk rambut yang pendek, kurang lebih 1 sendok makan,
  • Dosis yang tepat untuk rambut sedang sebahu, kurang lebih 1 ½ sendok makan, dan
  • Dosis rambut panjang biasanya 2 sendok makan.

Ketiga, gosokkan shampo pada telapak tangan dan usapkan pada kepala. Pijat-pijat kulit kepala hingga berbusa. Gunakan jari tangan untuk menyisir rambut hingga ujungnya, sehingga busa terdistribusi dengan rata, lalu bilas hingga bersih (sampai air yang jatuh bersih dari busa).

Bila busa yang dihasilkan kurang banyak dan rambut terasa kurang bersih, ulangi keramas sekali lagi dengan cara yang sama. Busa pada keramas yang kedua menjadi lebih banyak, hal ini menunjukkan bahwa minyak dan kotoran telah dibersihkan lewat keramas yang pertama dan disempurnakan dengan keramas yang kedua. Jangan lupa memastikan rambut Anda telah terbilas dengan baik hingga kulit kepala.

Tips cara keramas rambut

Tips cara keramas rambut

Bahan-bahan Produk Perawatan Rambut

Sebelum membeli atau menggunakan, sebaiknya pelajari dulu fungsi bahan yang terdapat pada produk perawatan rambut:

  • Allaintoin merupakan zat yang merangsang pertumbuhan sel-sel kulit dan mempercepat pemulihan sel yang rusak.
  • Pro-vitamin B5 berfungsi mengembalikan rambut pada kondisi normal dan memberi nutrisi lebih.
  • Vitamin E berfungsi meningkatkan aktivitas regenerasi sel-sel dan memelihara jaringan ikatan kulit kepala agar tidak rusak.
  • Octy Methoxycinnamate merupakan UV filter yang melindungi kulit kepala dan rambut dari sengatan matahari.
  • Chinin HCL untuk merangsang pertumbuhan rambut.
  • Triclosan berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala.
  • Salicylic acid untuk melepaskan kerak kulit kepala dan ketombe juga berfungsi sebagai antibakteri dan jamur.
  • Menthol untuk membantu memperlancarkan peredaran darah pada kulit kepala.
  • Ekstrak ginseng untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperlancar peredaran darah.
  • Ekstrak jojoba untuk memperbaiki rambut yang rusak, kering, dan bercabang.

Sekian informasi mengenai cara keramas rambut yang benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *