9 Perawatan Kulit di Usia 20-an

9 Perawatan Kulit di Usia 20-an

9 Perawatan Kulit di Usia 20-an | Harianfashion.com

INILAH masa produktif Anda untuk merawat kulit, yakni di usia 20-an. Perawatan yang tepat dapat membantu menjaga kulit Anda di masa mendatang. Ibarat investasi, perawatan yang benar sesuai dengan usia dan jenis kulit dapat menjadikan bekal kesehatan kulit Anda di masa depan.

Tiap perempuan pasti tau, menginjak usia 40-an, kekenyalan dan kelenturan kulit akan berkurang, tanda-tanda penuaan akan bermunculan secara marathon, mulai dari wajah, tangan, bahkan di kulit lainnya. Seperti kusam dan kurang lembab bahkan cenderung kering, namun percayalah semua itu dapat dicegah secara dini dengan perawatan yang tepat.

  1. Hindari produk Anti Aging

Ingat, setiap fase ada masanya, termasuk penggunaan produk kecantikan. Meski tujuannya mencegah penuaan, jangan sekali-kali memilih produk kecantikan anti-aging, karena kulit Anda masih di fase produktif untuk dirawat. Sehingga yang perlu dilakukan adalah carilah krim wajah yang merawat kelembaban kulit dan sesuai dengan usia Anda.

Penting yang perlu dimiliki di usia 20-an adalah krim pelindung sinar UV, karena itulah penyebab penuaan dini, bukan mencegah dengan anti-aging. Pilihlah yang mengandung SPF 30 sejak sekarang.

  1. Ingat, Leher dan Tangan Lebih Mudah Keriput

Jadi, mulai di usia 20-an pastikan Anda sudah melakukan perawatan sejak dini untuk kedua daerah tersebut. Karena leher dan tangan rentan untuk terpapar sinar matahari, apabila tidak dirawat makan dapat menjadikan kulit akan bermasalah di masa depan. Anda bisa membubuhi leher dengan pelembab wajah, biasanya ada keterangan pelembab yang dianjurkan hingga pada daerah leher. Bisa juga menggunakan lotion pada leher setelah mandi atau sebelum tidur. Begitu pula dengan tangan, Anda dapat membeli hand cream yang banyak tersedia, gunakan sesuai dengan aturan pakai.

  1. Merawat Otot Mulut dan Pipi

Melatih otot dapat mencegah penuaan dan dapat dirawat sejak dini. Seperti kebiasaan senyum dapat membuat otot Anda menciptakan garis senyum, begitu pula sebaliknya, bila cemberut akan membantu otot menarik arah ke bawah yang dapat memicu penuaan. Oleh sebab itu, latihlah otot wajah dengan rajin tersenyum. Selain itu, kegiatan lain yang  juga dapat membuat otot cepat keriput yakni minum menggunakan sedotan. Hal tersebut disebabkan karena pipi dan mulut yang tertarik sehingga menyebabkan otot membentuk garis-garis kerutan.

  1. Merawat Kulit di Bawah Mata

Area kulit di bawah mata sangat rentan dengan kerutan, dan paling cepat memiliki tanda-tanda di antara daerah wajah yang lain. Hal ini karena pada wilayah tersebut paling tipis dari keseluruhan kulit di tubuh. Mulailah gunakan krim mata yang kegunaannya menutrisi daerah sekitar mata. Selain itu, kacamata dengan filter UV juga dapat menjadi pilihan bila Anda sedang bepergian ke luar ruangan, fungsinya sama, yakni menjaga kulit agar tidak ada kerutan di sekitar mata.

  1. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Merawat kulit tidak hanya dari luar, tetapi juga penting untuk menjaganya dari dalam. Usaha tersebut dapat dilakukan dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan mikronutrien yang didapatkan dari sayur dan buah-buahan. Makanan yang kaya antioksidan didapatkan dari buah-buahan berry, kacang-kacangan, dan cokelat hitam alias dark chocolate.

  1. Jaga Kaki dari Varises

Mencegah lebih baik dari mengobati, istilah ini perlu diterapkan agar Anda tampil selalu muda. Yakni dengan tidak menyilangkan kaki saat duduk terus menerus agar terhindar dari varises. Pastikan pula agar tidak duduk atau berdiri teralu lama, pastikan tubuh memiliki beban seimbang antara kiri dan kanan. Bila duduk lama atau saat berkendara di pesawat biasakan gunakan stocking penyangga khusus agar postur tubuh tetap seimbang.

  1. Hindari Asap Rokok

Anda pasti tahu dampak dari rokok, baik pasif maupun aktif bagi kesehatan Anda, termasuk juga pada kulit Anda. Asap rokok tidak baik untuk kulit dan rambut Anda, maka sebaiknya jangan dekat-dekat dengan rokok. Termasuk juga bila Anda merokok, karena dapat menghambat aliran darah ke kulit dan organ tubuh lainnya. merokok juga dapat menyebabkan penuaan dini dan mempercepatnya. Dan, isapan rokok dapat melatih otot bibir untuk menciptakan kerutan di sekitarnya.

Baca Juga :

9 Mitos Perawatan Kulit yang Harus Segera Dihindari

9 Perawatan Kulit di Usia 20-an

 

  1. Jangan Malas Bergerak

Olahraga adalah investasi di masa tua, banyak sekali manfaat dari olahraga. Saat usia 20-an olahraga apapun masih dapat Anda geluti, hal ini dapat dimanfaatkan untuk melatih otot, tulang, dan jantung serta tubuh secara keseluruhan agar tetap bugar dan sehat. Olahraga juga dapat meningkatkan suplai aliran darah ke kulit Anda, membuatnya lebih sehat dan kulit juga akan kencang karena ototnya terlatih selalu.

  1. Retinol Sahabat Anda

Retinol bisa menjadi teman terbaik Anda di usia 20-an. Karena retinol adalah kunci semua produk perawatan kulit yang aman digunakan. Produknya mudah digunakan dan bekerja untuk menghilangkan bintik hitam dan belang di kulit. Selain itu, Retinol juga dapat memutihkan dan mencerahkan kulit secara menyeluruh.

 

Leave a Reply